;

Minggu, 07 November 2010

Pulsa elektrik

Salah satu contoh usaha kerakyatan yang akan saya paparkan disini adalah PULSA. Ya PULSA, mungkin untuk dua atau lima tahun kebelakang pulsa ini tidak bisa masuk dalam katagori usaha kerakyatan. Namun kini, dengan perkembangan dunia telekomunikasi yang kian cepat mendorong terciptanya produk-produk peralatan telekomunikasi yang semakin maju dan beragam namun dengan harga yang cukup terjangkau.


Perkembangan peralatan telekomunkasi ini juga ditunjang oleh para operator telekomunikasi sebut saja (Hand Phone) untuk menyediakan PULSA dengan harga yang terjangku juga. Perkembangan yang pesat dalam persaingan penyediaan alat komunikasi dan pendukungnya menjadikan harga yang semakin murah. Pada sisi lain banyak distributor, dealer, maupun agen pulsa yang telah membuka kesempatan untuk para pelaku usaha untuk membuka tempat penjualan pulsa.
Pada awal kemunculan usaha pulsa atau yang lebih sering disebut counter pulsa /HP hanya bisa dilakukan dengan modal yang relatif besar, Voucher yang pada awalnya berbentuk fisik (kartu) kini telah berubah menjadi tanpa bentuk (maya) yang lebih sering disebut PULSA ELEKTRIK.
Perkembangan Pulsa Elektrik mampu menggantikan voucher fisik yang mana dalam voucher fisik membutuhkan tempat untuk menyimpan, adanya pembatasan tentang masa berlaku voucher, sehingga kadangkala menjadi problem tersendiri bagi penjual yang menyetok dalam jumlah banyak. Walaupun disisi lain voucher fisik ini mempunyai kelebihan yaitu proses pengisian yang cepat tanpa terpengaruh dengan gangguan jaringan layanan operator. Begitu digesek, dimasukkan digit-digit nomornya sesuai petunujuk, maka dengan otomatis pulsa akan terisi.
Pergeseran dari voucher fisik ke voucher elektrik mendatangkan peluang usaha baru dalam bisnis Pulsa, sehingga banyak para distributor, agen, maupun pengecer yang beralih ke voucher jenis ini. Dalam waktu singkat perkembangan bisnis Pulsa Elektrik bagai jamur dimusim hujan.
Dalam persaingan yang makin ketat, maka para pengusahapun berupaya untuk memenangkan persaingan ini atau hanya sekedar untuk bisa eksis. Dalam kondisi yang demikian maka muncullah berbagai tawaran dari para penyedia Pulsa Elektrik, mulai dari memberikan harga yang murah, syarat yang mudah dll.
Fenomena ini mendatangkan keuntungan sendiri bagi masyarakat antara lain :

Persaingan harga yang semakin ketat menghasilkan harga yang murah dibandingkan bila tidak terjadi persaingan.
Mendapatkan pelayanan yang semakin baik, karena bagaimanapun Pulsa adalah kebutuhan yang terus menerus, kebutuhan yang mempunyai repeat order tinggi, sehingga kepuasan para pemakai sangat diperhatikan.
Persyaratan yang semakin mudah untuk menjalankan Usaha Pulsa Elektrik seperti modal yang kecil ada yang bisa dimulai dari Rp.50.000,- bahkan ada yang bisa dengan nilai pulsa terkecil Rp.5.000
Keuntungan-keuntungan diatas tentunya bisa dijadikan alternatif bagi masyarakat untuk menjalankan usaha Pulsa Elektrik ini, apalagi untuk Pulsa Elektrik tidak dikenal adanya masa kadaluarsa, sehingga pelaku usaha tidak perlu lagi khawatir untuk menyediakan stok.

Namun demikian dalam pangsa pasar yang sangat besar ini, tentunya tidak lepas dari pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab yang mau mencari untung dengan cepat dengan mengorbankan pihak lain. Karena itu walaupun bisnis Pulsa Elektrik ini bisa dikatagorikan menjadi Usaha Kerakyatan akan tetapi bagi masyarakat sebaiknya melakukan pertimbangan-pertimbangan sebelum terjun didalam usha Pulsa Elektrik ini . Untuk sekedar memberikan pertimbangan tersebut

Sebagai sebuah pilihan usaha, sebaiknya jangan lupa dengan melakukan pertimbangan yang matang. Cocok tidaknya sebuah usaha walaupun itu termasuk Usaha kerakyatan tidak bisa diukur hanya dari cerita sukses para pelaku usaha ini. Ada pertimbangan-pertimbangan untuk bisa menentukan cocok atau tidak usaha tersebut untuk kita jalankan.
Insya Allah untuk postingan selanjutnya saya akan memberikan parameter (alat ukur) kecocokan menjalankan Usaha Pulsa Elektrik ini untuk masing-masing individu, dimana kita ketahui bahwa setiap individu mempunyai ciri, kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri.

sumber: http://pulsatermurah.com/bisnis-pulsa-elektrik-contoh-usaha-kerakyatan/

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar