Kali ini kita akan mencoba untuk membuat sebuah objek palu 3D dengan menggunakan software 3D Max, objek ini berasal dari objek 2D, dengan menggunakan Tool Loft, Boolean dan beberapa tools lainnya yang digabung seperti Line, Rectangle dan Circle.
Ga usah banyak teori, langsung aja pada langkah pertama yaitu kita membuat 3 objek yaitu garis, kotak dan lingkaran. Caranya dengan mengklik panel yang ada di kanan Create kemudian pilih shapes Line. Lalu buat sebuah garis di viewport top dari kiri kekanan, panjang sesuai selera, lalu buat garis ke serong bawah, klik kanan pada mouse untuk mengakhirinya. Lalu bikin objek kotak dengan mengklik Rectangle dan klik Circle untuk membuat objek lingkaran, sehingga tampilan menjadi seperti berikut.
Lalu pada toolbar klik tool Select Object dan klik objek line yang sudah kita buat di viewport top. Setelah itu klik panel create Geometry klik tanda panah kebawah pilih Compound Object, lalu pilih Shape, setelah itu klik pada objek lingkaran yang kita buat tadi. maka line akan menjadi lingkaran yang padat seperti ini
Agar kita mudah untuk memodifikasi objek, unchechlist Skin dan Skin in Sahded, dan tampilan akan menjadi garis loft saja. Lalu pastikan path ada di posisi awal yaitu 0.
Lalu naikkan nilai yang ada di path sekitar 13, akan ada titik kuning yang menandai posisi di 13 itu. Klik tombol Get Shape kembali, lalu klik objek lingkaran, sehingga di viewport perspective tampil seperti ini.
Lalu naikkan kembali pathnya sampai bernilai kurang lebih 21, lalu klik Get Shape, klik objek lingkaran lagi. Nah di shape ke 3 ini kita buat lingkarannya menjadi kecil ukurannya, karena untuk pembatas antara kepala pemukul palu dan badan palu yaitu dengan mengklik shape ke 3 yang baru dibuat ini lalu klik tombol modify di modifier list klik loft.
Kemudian klik lingkaran yang mau kita kecilkan gambarnya dengan mengklik tool Select and Uniform Scale pada toolbar kemudian drag lingkaran pada sumbu x dan y sehingga menjadi kecil.
Lalu naikkan lagi nilai pathnya sampai kurang lebih 31, klik tombol Get Shape, klik objek kotak untuk membuat badan dari pemukul palu. Lalu naikkan lagi nilai path sampai kurang lebih 56 klik Get Shape, klik objek kotak. Lakukan hal yang sama di path dengan nilai 73 dan 100. Sehingga kita mempunyai total 7 path dengan 3 shape lingkaran dan 4 shape kotak. sehingga tampilan pada viewport perspective sebagai berikut.
Pada gambar kotak ke 3 atau di path ke 6 buat objek kotak tersebut berbentuk pipih sehingga membentuk persegi panjang, caranya sama dengan mengecilkan objek lingkaran tadi, hanya saja yang di kecilkan hanya di sumbu x saja. Yaitu dengan mengklik tool Select and Uniform Scale lalu drag sumbu x sehingga mengecil dan lakukan hal yang sama pada path terakhir, kecilkan menjadi lebih kecil dari path sebelumnya. Lalu atur posisi pathnya agar bentuk palu lebih nyata yaitu dengan mengklik Tool Select and Move pada toolbar. Atur di path 6 dan 7 sesuai selera sehingga tapilan menjadi seperti pada gambar yang diatas. Lalu kembalikan lagi skinnya seperti semula dengan menchek Skin dan Skin in Shaded yang tadi di uncheck dan hasilnya akan seperti ini :
Untuk membuat variasi palu, kita buat untuk pencabut kayu dibagian belakang, yaitu dengan mengklik panel Create - Shapes - Line. Lalu buat bentuk segitiga pada buntut palunya, setelah itu select objek segitiga tadi lalu klik panel modify dan pilih Extrude pada Modifier List agar tampilan menjadi 3D.
Tampilan segitiga itu akan tampil seperti ini.
Lalu Klik tool Select Object , pilih objek palu yang kita buat kemudian klik panel Create Geometry Compound Object lalu pilih Boolean. Nah, lalu klik tombol Pick Operand B, lalu klik objek segitiga 3D, maka hasilnya akan seperti ini.
Selesai membuat kepala palu, lalu kita buat gagang palu, caranya sama seperti diatas, pilih Create - Shapes - Line, buat garis tepat dibawah badan palu, lalu buat Rectangle di sembarang tempat lalu atur parameter Corner Radius kira - kira 5 agar kotak menjadi tumpul.
Setelah itu aktifkan Line dengan mengklik tool Select Object, klik panel create Geometry klik tanda panah kebawah pilih Compound Object, klik tombol Get Shape, klik pada obejek lingkaran yang sebelumnya kita buat, lalu atur besar kecilnya sehingga pas dengan badan palu. Kemudian buat path ke 2 dengan cara yang sama seperti membuat objek palu tadi. Atur pada nilai 20. Lalu klik tombol Get Shape lagi dan klik objek kotak tumpul yang baru kita buat tadi, maka jadilah palu, beri warna sesuai selera. Pencet tombol f9 pada keyboar untuk merender, setelah itu save image. Jadilah objek palu ini.
0 komentar:
Posting Komentar